Buah Murbei dan Khasiatnya - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Friday, 21 June 2019

Buah Murbei dan Khasiatnya

 

Buah Murbei dan Khasiatnya

Sobat OW | tercinta...

Buah Murbei  yang dalam bahasa latin disebut Morus alba L. merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai sumber pakan ulat, tanaman Murbei juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai bahan obat-obatan, desinfektan, dan antiasmatik. Manfaat tersebut terdapat dalam berbagai bagian tanaman dari mulai daun, ranting, buah, dan kulit.

Di Indonesia tanaman Murbei mempunyai banyak nama. Yaitu, besaran (Jawa Tengah dan Jawa Timur), kertu (Sumatra Utara), gertu (Sulawesi), kitaoc (Sumatra Selatan), kitau (Lampung), ambatuah (Tanah Karo), moerbei (Belanda), mulberry (Inggris), gelsa (Italia), dan murles (Perancis).

Tanaman Murbei memiliki percabangan banyak yang arahnya tegak, mendatar, dan menggantung. Semuanya tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk bulat. Bentuk dan ukuran daunnya sendiri bermacam-macam, tergantung jenis dan varietasnya. Tapi daun bergerigi dan ujung atau membulat. Permukaan daun ada yang halus mengkilap, ada juga yang kasab.

Tanaman Murbei berasal dari Cina, tumbuh baik ppada ketinggian lebih dari 100 m di atas permukaan laut dan memerlukan cukup sinar matahari. Tanaman ini ketinggiannya bisa mencapai 9 m. Ukuran dan bentuk buahnya juga tergantung kepada jenis Murbei. Ada yang berwarna putih, putih kemerahan, ungu atau ungu tua sampai hitam. Di India utara Murbei dibiarkan tumbuh sebagai pohon di belakang rumah dengan tujuan untuk buah yang enak dan harum.


Kandungan kimia buah Murbei

Daun Murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, bsitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, benzaldehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol, serta mangandung phytoestrogens.


Bagian ranting Murbei mengandung tanin dan vitamin A, buahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam strearat, asam oleat, dan vitamin (karoten B1, B2 dan C).


Kulitbatang mengandung triterpenoids:A-, b-amyrin, sitosterol, sitosterol-a-glukoside. Flavonoid:Morusin, cyclomorusin, kuwanone A,B,C, oxydihydromorusin. Coumrins: Umbeliferone dan scopoletin.


Kulit akar mengandung derifat flavone mulberrin, mulberro-chromene, cyclomurberrine, cyclomurberrochromene, morussine, dan mulberrofuran A. Dan juga mengandung betulinic acid, scopoletin, A-amyrin, B-amyrin, undecaprenol, dan dodecaprenol.


Khasiat buah Murbei

Daun Murbei berkhasiat untuk mengobati demam karena flu, malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kaki gajah (elephantiasis tungkai bawah), sakit kulit, bisul, radang mata merah (conjungtivitis acute), memperbanyak air susu ibu (ASI), keringat malam, muntah darah dan batuk darah akibat darah panas, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), dan gangguan pada saluran pencernaan.

Kulit akar berkhasiat untuk mengobati sakit gigi, tidak datang haid, batuk berdahak, sesak napas (asma), muka bengkak (edema), kencing yang nyeri dan susah (disuria), dan cacingan.

Buah berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung berdebar (palpitasi), kencing manis (diabetes mellitus), rasa haus dan mulut kering, sukar tidur (insomnia), batuk berdahak, pendengaran berkurang dan penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), tuli, tujuh keliling (vertigo), hepatitis kronis, sembelit pada orang tua, kurang darah (anemia), neurastenia, sakit otot dan persendian, sakit tenggorokan, serta  rambut beruban sebelum waktunya.

Ranting berkhasiat untuk mengobati rematik, tangan dan kaki terasa gatal dan sakit, sakit pinggang (lumbago), keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang Sobat perlu ketahui dari yang namanya Buah Murbei tadi, diantaranya ;

1. Kaya Zat Antosianin

Warna merah keunguan yang teraapat pada buah murbei dihasilkan oleh pigmen warna yang disebut sebagai antosianin. Antosianin tergolong sebagai senyawa flavanoid yang mampu melindungi sel dari ultraviolet dan memiliki banyak manfaat. Setiap 100 gram buah murbei terdapat antosianin dengan kadar yang mencapai 1993 mg.

Antosianin bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit seperti : diabetes, serangan jantung mencegah ateroskelorosis (penyempitan pembuluh darah) mencegah kanker

Selain itu, antosianin juga mengandung manfaat antioksidan yang mampu melindungi kita dari radikal penyebab kanker. Selain itu, antosianin pada buah murbei dapat dijadikan sebagai pewarna pangan alami yang aman untuk dikonsumsi.


2. Menurunkan Kolesterol Tubuh

Buah murbei terbukti mampu menurunkan kolesterol. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat IPB dengan pengujian yang dilakukan terhadap tiga kelompok tikus yang diberikan kolesterol dan sari buah murbei.

Manfaat buah murbei untuk menurunkan kolesterol dihasilkan dari kandungan zat seperti kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar, manfaat vitamin C dengan kadar yang mencapai 37,06 mg, dan antosianin.

Kolesterol terjadi karena adanya proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Namun, dengan adanya kandungan kuersentin dan vitamin C yang mengikat oksigen, maka proses oksidasi tersebut dapat dicegah. Kuersentin dan vitamin C pada buah murbei juga telah terbukti meningkatkan high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik yang tidak akan menyebakan penyakit jantung.


3. Awet Muda

Kaya dengan antioksidan menjadikan buah murbei layak dikonsumsi jika ingin tetap awet muda. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang mampu merusak kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan pada buah murbei mampu mencegah terjadinya penuaan dini karena dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan.


BACA JUGA BUAH JAMBU AIR DAN MANFAATNYA


4. Mengatur kadar gula

Penderita diabetes pada umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan kenapa penderita diabetes cenderung mengalami komplikasi. Murbei telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Cina untuk mengatasi diabetes.

Murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin, sehingga membantu untuk menjaga kadar gula. Namun bagian yang  dimanfaatkan untuk memperoleh manfaat ini bukanbuahnya, melainkan daun dari tanaman murbei. Hal ini telah diteliti di Jepang dan telah dibuktikan bahwa daun murbei mampu menghambat penyebab diabetes.


5. Meningkatkan imunitas

Musim pancaroba tentunya akan membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita akan mudah terserang penyakit seperti flu. Buah murbei yang kaya akan vitamin C mampu menjadi asupan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit seperti flu.


6. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan jumlah hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi. Buah murbei mengandung manfaat zat besi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan yang membantu untuk mengatasi anemia.


BACA JUGA BUAH PEPAYA DAN KHASIATNYA


7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah murbei juga mengandung manfaat vitamin A dan karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata serta melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina.


Ramuan untuk penderita hipertensi

Untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi, ambillah daun Murbei segar sebanyak 15 gram, cuci hingga bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.


Demikian informasi yang bisa Admin bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya.

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar