Cara Melakukan Registrasi Akun Pada SDM PDSP - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Wednesday, 12 June 2019

Cara Melakukan Registrasi Akun Pada SDM PDSP

 

Registrasi Akun Pada SDM PDSP

Sobat OW| tercinta....
Karena banyaknya pertanyaan yang masuk ke email dan Wa mengenai pertanyaan "bagaimana melakukan registrasi akun di SDM PDSP" yang nantinya akun tersebut akan digunakan oleh satuan pendidikan sebagai user pengelolaan vervalsp (Satuan Pendidikan), vervalptk (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), vervalpd (Peserta Didik).

Sebelum melakukan registrasi pada halaman web sdm.data.kemdikbud.go.id, pastikan satuan pendidikan sudah menerbitkan Surat Keputusan tentang penunjukan Operator sekolahnya yang akan digunakan (diupload) pada saat registrasi akun satuan pendidikan tersebut. Bagaimana contoh Surat Keputusan tentang Penunjukan Operator tersebut Sobat OW bisa langsung menuju kesini untuk mengunduh contoh Surat Keputusan tersebut dalam format .pdf. Untuk mengunduh dalam format .docx silahkan menuju kesini.

Setelah Surat Keputusan tersebut ditandatangani dan si stample basah, silahkan lakukan penscanan dengan menggunakan mesin scanner yang Sobat OW miliki, atau bisa juga menggunakan printer all in one yang saat ini sudah sangat menjamur dihampir semua instansi memilikinya, dan sudah barang tentu Satuan Pendidikan Sobat OW juga memilikinya bukan...? Karena harganya tergolong relatif murah.

Jangan lupa Sobat, bahwa file yang diupload ketika registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id, adalah file yang berformat .pdf, jadi lakukan penscannan dengan menggunakan Nitropdf untuk mendapatkan hasil scan yang langsung dalam format .pdf. Namun Sobat OW bisa juga melakukan scanning dengan aplikasi lain seperti Photoshop, ACDsee atau yang lainnya kemudian baru melakukan converting dari format gambar menjadi format pdf menggunakan aplikasi Nitropdf tadi. Ukuran file usahakan tidak lebih dari 2mb agar tidak terlalu berat ketika melakukan upload saat registrasi.

Setelah file SK Operator sudah siap (dalam format .pdf), langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah ;
  1. Akses web sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. Setelah terbuka, silahkan klik / pilih tab Registrasi Anggota
  3. Pada menu dropdown yang muncul, pilih paling bawah sendiri yaitu Operator Sekolah
  4. Muncul kotak dialog baru, yaitu Sobat OW diminta memasukkan Data Operator Sekolah sesuai format yang tampil. Silahkan dilengkapi. Yang perlu jadi perhatian adalah baris pengisian email pribadi, pastikan email yang dientri atau dimasukkan adalah email yang aktif dan belum pernah digunakan untuk registrasi di halaman web sdm.data.kemdikbud.go.id (disarankan gunakan email lembaga saja, jika memang lembaga belum membuat email, silahkan dibuatkan terlebih dahulu)
  5. Password, pastikan password yang Sobat OW isikan adalah password yang mudah diingat serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi ( terdiri dari kombinasi huruf, angka dan lambang)
  6. Setelah mengisi formulir sampai di bawah, hingga penentuan Satuan Pendidikan yang muncul dari pilihan Sobat OW dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Pilih Satuan Pendidikan, saatnya Sobat OW melakukan upload SK Operator tadi dengan memilih tombol Choose File.
  7. Cari direktori tempat Sobat OW menyimpan hasil scan SK yang SObat OW miliki. Setelah ditemukan file yang dimaksud, silahkan klik nama file tadi, lalu klik tombol open disudut kanan bawah kotak dialog pelampiran file tadi.
  8. Setelah dilampirkan, sebelum klik tombol Registrasi, pastikan dahulu bahwa isian data yang ada diatas (formulir) Sobat OW sudah benar-benar valid. Jika memang sudah diperiksa kembali, SObat OW bisa menyelesaikannya dengan mengklik tombol Registrasi.
  9. Akan muncul notifikasi bahwa akun berhasil didaftarkan.
Proses Registrasi Akun pada SDM PDSP yang akan Sobat OW pergunakan untuk  melakukan vervalsp, vervalptk dan vervalpd sudah selesai dilakukan. Sobat OW tinggal menunggu Registrasi Sobat tadi di setujui oleh admin PDSP yang biasanya dalam waktu dua hari. Setelah disetujui, maka Sobat OW bisa menggunakan akun tadi untuk login pada layanan web PDSP. 

Bagaimana kita bisa mengetahui ajuan atau registrasi akun kita sudah disetujui atau belum oleh admin PDSP ? Silahkan akses sdm.data.kemdikbud.go.id kemudian klik tab Status Pendaftaran, ketikkan email yang Sobat OW registrasikan kemarin lalu klik tombol Cek. 

Demikian yang bisa admin bagikan Sobat OW tercinta.... terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya. Untuk yang belum jelas, bisa Sobat sampaikan dengan meninggalkan komentar di bagian bawah postingan ini atau kontak langsung ke telegram admin di 08158258989

Semoga bermanfaat....

1 comment:
Write komentar
  1. mantab Min.... terima kasih atas informasi dan panduannya. Semoga berkenan berkunjung balik ke smpn3-tungkaljaya.blogspot.com

    ReplyDelete