Cara Membuat Google Formulir - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Tuesday, 25 June 2019

Cara Membuat Google Formulir

 

Cara Membuat Google Formulir

Sobat OW | tercinta...

Setelah dalam artikel sebelumnya cara membuat email di gmail, dalam artikel kali ini Admin OW akan mencoba berbagi mengenai Cara Membuat Google Formulir yang biasanya sangat familiar digunakan oleh seorang pelajar, mahasiswa, guru ataupun instansi.

Dalam pembuatan Google Formulir, sangat mudah sekali Sobat. Modal utamanya hanya laptop atau komputer saja. Dan sudah bisa dipastikan sambungan atau koneksi internet yang lancar dan stabil.

Jika memang syarat tersebut sudah terpenuhi Sobat sudah bisa memulai untuk membuat Google Formulir yang Sobat mau. OK... langsung saja kita bereksperimen ya....

Langkah 1 (kita asumsikan bahwa Sobat sudah mempunyai email atau akun gmail ya...)
silahkan akses disini
Langkah 2
Pilih template yang akan Sobat gunakan dalam pembuatan Google Formulir tadi (tentunya disesuaikan dengan maksud dari pembuatan Google Formulir itu sendiri ya...)
Langkah 3
Buat judul formulir agar bisa dibaca oleh calon responden yang akan mengisi formulir tadi dengan jelas dan nama form bisa dirubah sama dengan nama formulir tadi dengan mengklik nama formulir tadi.
Langkah 4
Isi deskripsi formulir yang akan Sobat ciptakan agar bisa memberikan gambaran pada calon responden dan mempersiapkan apa saja yang akan digunakan untuk mengisi data pada formulir tadi.


Langkah 5
Mulai membuat formulirnya dengan membuat pertanyaan yang harus diisi oleh responden. Pastikan tombol wajib sudah diaktifkan jika pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang wajib dijawab oleh responden kita. (perhatikan gambar), namun jika pertanyaan tadi bukan merupakan pertanyaan yang wajib dijawab responden tidak perlu diaktifkan tombol Wajib Diisi - nya.


Langkah 6
Buat pertanyaan selanjutnya dengan berbagai pilihan model jawaban yang ada, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan para Sobat semuanya... hingga benar-benar dapat dipastikan bahwa formulir tadi sudah selesai.

Langkah 7
Sesuaikan tema yang akan Sobat gunakan agar tampilan dari Google Formulir yang Sobat buat menjadi lebih hidup dan lebih menarik untuk para responden dengan memilih tombol icon disebelah kiri simbol pratinjau (mata) yang ada disudut kanan atas. Atur mengenai gambar header, dimana Sobat OW bisa langsung memilih dari gambar yang telah disediakan oleh google atau dari gambar yang Sobat ciptakan sendiri. lalu warna latar belakang formulir kita, dan jenis huruf yang akan Sobat gunakan dalam formulir tadi

Langkah 8
Jika sudah dipastikan selesai, saatnya Sobat OW mendapatkan link dari formulir yang telah Sobat buat tadi sebagai alamayt yang akan diakses oleh para responden untuk mengisi formulir yang telah Sobat ciptakan tadi dengan memilih atau meng-klik tombol Kirim yang ada disebelah kanan icon pratinjau (mata) tadi, tepatnya disebelah tombol icon roda gerigi (pengaturan) yang ada di sudut kanan atas.Setelah tombol kirim di klik, maka akan muncul pilihan mau dikirim kemana atau melalui apa. Langsung saja klik tombol icon rantai (link) yaitu icon ke dua setelah icon email (amplop surat).


Setelah icon rantai tadi diklik, maka akan disuguhkan kepada Sobat sederetan alamat yang terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil serta angka juga tanda baca yang lumayan panjang serta biasanya sudah untuk diingat seperti yang tampak pada gambar.

Terus bagaimana...? untuk memendekkan URL atau link tadi, google sangat baik hati sekali dengan kita semua Sobat OW... terbukti disana sudah dipersiapkan layanan memperpendek link tadi hanya dengan klik atau ceklist saja layanan yang disediakan seperti pada gambar, dan link yang sangat panjang tadi akan serta merta menjadi pendek.
Langkah 9
Setelah link didapatkan, klik tombol salin, sebagai cara untuk mengirim atau mempublikasikan Google Formulir yang telah Sobat OW buat tadi, baik melalui email, facebook, Wa. Line..... atau media sosial lainnya. Setelah dipastikan mau di kirim melalui yg mana, tempel atau "paste" saja disana dan bagikan.

Ok... Sampai disini dulu langkah-langkah membuat Google Formulir yang bisa Sobat gunakan untuk melakukan pendataan, sebagai soal ujian tengah semester, semesteran atau ujian yang lainnya dan apapun tujuannya untuk memudahkan monitoringnya secara realtime. Bagaimana cara melakukan pengecekan tanggapan yang telah masuk ke Google Formulir yang kita buat tadi, nantikan postingan berikutnya... 

Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya... Jika masih ada yang perlu ditanyakan, silahkan hubungi admin di nomor HP yang ada di about me atau via meninggalkan komentar pada bagian akhir postingan ini. 

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar