Cara Seting Sharing File Atau Printer Dalam Satu Jaringan - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Monday, 24 June 2019

Cara Seting Sharing File Atau Printer Dalam Satu Jaringan

 

Cara Seting Sharing File Atau Printer Dalam Satu Jaringan

Sobat OW | tercinta...

Selamat berjumpa lagi dengan artikel dari Amin OW, kali ini kita akan membahas mengenai berbagi, namun bukan soal materi ya... he... he.. he... Namun kali ini kita akan berbagi file serta satu printer yang bisa digunakan untuk mencetak bersamaan dari beberapa komputer atau laptop yang terhubung dalam satu jaringan.

Emang bisa ?

Tentu saja, kenapa gak...? Terus bagaimana caranya..? 

Ok, untuk bisa berbagi atau bahasa orang sana mengatakan sharing, printer dari satu komputer atau laptop sehingga bisa digunakan secara bersama tanpa harus menyambungkan kabel USB printer ke port USB komputer atau laptop kita adalah sebagai berikut ;
1. Pengaturan sharing pada Network 
  • Buka control panel
  • klik  view network status and task
  • chage advanced sharing seting
  • pilih all network
  • pada public folder sharing klik pilihan Turn on....
  • pada pilihan file sharing connections pilih saja Use 128 bit ....
  • pada Password protected sharing pilih Turn off password protected sharing
  • klik save change
2. Pengaturan Sharing FIle
  • Buat folder untuk menampung berkas atau file yang akan di sharing / bagi
  • klik kanan pada folder tersebut,
  • pilih properties
  • muncul kotak dialog baru pilih tab sharing disebelah kanan tab general
  • kemudian klik tombol Share yang ada di bawah nama folder yang akan kita share tadi
  • pada type name pilih saja everyone lalu klik tombol Add disebelahnya
  • klik tombol Done
sampai disini seting awal pada komputer atau laptop yang kita asumsikan sebagai server sudah selesai.


Sebagai catatan saja, pastikan laptop atau komputer lain yang akan mengakses file atau printer yang kita sharing tadi berada dalam mode satu jaringan dengan komputer atau laptop server tadi. Sebab jika berada dilain jaringan maka hal ini tidak akan mungkin kita lakukan karena sama halnya kita sudah menggunakan jaringan data untuk bisa bertukar file dengan hardware yang berada diluar jaringan kita.

Baca juga  PEMASANGAN JARINGAN 4G HINGGA KE PELOSOK

Pastikan seting Internet Protokol (IP) komputer-komputer yang berada dalam satu jaringan tadi memiliki segmen IP yang sama, jangan sampai berbeda misal komputer server kita seting IP nya 192.168.10.1 maka pastikan komputer lainnya juga menggunakan segmen yang sama misal 192.168.10.2 dan seterusnya. Angka terakhir boleh berurut dari 2 dan seterusnya asal jangan ada yang sama. Sebab jika ada yang sama nanti akan mengakibatkan IP conflict sehingga jaringan lokal tadi tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

Setelah seting IP kita lakukan pada komputer baik server atau client, maka kita akan dengan mudah mengakses file yang berada dalam folder yang disharing tadi. dengan cara klik dua kali icon My Komputer atau This PC atau Computer sesuai dengan nama icon pada komputer Sobat OW masing-masing, setelah terbuka klik  icon Network di bawah icon This PC, maka akan membuka jendela baru dan akan menampilkan nama-nama komputer yang terhubung dalam jaringan yang sama tadi, kemudian klik dua kali icon komputer dengan nama yang sesuai untuk mengakses folder atau file yang disharing untuk antar pengguna dari berbagai komputer atau laptop yang terhubung dalam satu jaringan tadi. Setelah terbuka Sobat tinggal pilih saja file mana yang mau diakses atau digunakan.

Pengturan mengenai berbagi file dalam jaringan yang sama sudah selesai, saatnya kita akan melanjutkan dengan menambahkan setingan berbagi printer dalam satu jaringan agar ketika akan melakukan pencetakan dokumen tidak perlu colok cabut kabel USB dari satu laptop atau komputer ke laptop atau komputer yang lain.

Masih di folder tempat kita mengakses file yang dishare tadi, cari icon printer yang ada (pastikan bahwa komputer yang kita akses adalah server dimana printer yang di bagi terinstall drivernya dan di seting utk disahring tadi). Setelah ditemukan gambar tadi, untuk bis menyambungkan cukup mudah Sobat, tinggal doble klik saja, maka Sobat akan dibawa secara otomatis menuju penyambungan printer tadi. Jika muncul pertanyaan intsallasi driver pilih saja ya, tunggu hingga selesai...  Setelah selesai dilakukan installasi drivernya maka printer siap digunakan untuk mencetak dokumen meskipun kabel USB tidak langsung tersambung pada port USB komputer Sobat.

Demikian informasi mengenai cara berbagi file atau printer dalam satu jaringan yang bisa Admin bagikan, jika ada yang belum jelas dan perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar pada bagian bawah postingan ini atau hubungi kontak yang ada di About Me pada blog ini. Terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya...

Semoga bermanfaat....

1 comment:
Write komentar
  1. wach.. jadi hemat waktu untuk koneksi printer dari satu laptop ke laptop lain hanya bermodalkan switch hub ya... siiip lach..

    ReplyDelete