Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019/2020 - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Saturday, 29 June 2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019/2020

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019/2020

Sobat OW | tercinta...

Memasuki Tahun Pelajaran 2019 – 2020 , Sebagaimana Diketahui bersama berdasarkan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tertanggal 13 Juni 2019, Perihal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah badi siswa-siswi baru pada tahun pelajaran 2019/2020, mesti berpedoman pada Permendikbud 18 tahun 2016. Dimana  dalam pelaksanaan kegiatan MPLS tersebut Dinas Pendidikan baik Provinsi, Kabupaten/Kota wajib melakukan pengawasan terhadap tahapan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan dalam menjalankan kegiatan MPLS tersebut, untuk lebih lengkapnya Surat Edaran Nomor 6197/D.D4/PD/2019 tersebut bisa Sobat OW unduh disini.

Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini sudah barang tentu memerlukan bahan sebagai acuan atau landasan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Berikut beberapa hal yang setidaknya mesti Sobat OW persiapkan dalam kegiatan MPLS tersebut,


Nara Sumber Kegiatan MPLS di Sekolah
Narasumber dan fasilitator pengenalan lingkungan sekolah disamping dilakukan oleh guru sekolah atau dapat melibatkan tenaga kependidikan sekolah bersangkutan yang relevan dengan topik kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Apabila terdapat keterbatasan jumlah guru dan/atau untuk efekti¦tas dan e¦siensi pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah dapat melibatkan anggota OSIS, dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada Pasal 5 ayat 3 Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Selama MPLS dilarang melibatkan siswa senior/kakak kelas dan/ atau alumni sebagai penyelenggara. Khusus topik kesehatan remaja narasumber dari Puskesmas setempat atau dokter yang berwewenang, sedangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dari TNI-POLRI.

Manfaat Kegiatan MOS / MPLS
Membantu peserta didik/siswa siswi dalam menyesuaikan dengan keadaan kondisi wilayah sekolah dan sekitarnya, misalnya terhadap aspek kebersihan, keamanan, fasilitas sarpras, kantin, koperasi, dan sarana penunjang belajar lainnya. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah, kegiatan yang ada di sekolah baik bersifat akademik maupun non akademik, mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka.

Juknis Serta Silabus MOS / MPLS
Dalam Juknis MOS/MPLS 2019/2020 tertera juga silabus diadakannya kegiatan tersebut, misalnya mampu menumbuhkan perilaku positif untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. Selengkapnya silabus dan Juknis MOS/MPLS 2019/2020 bisa Sobat OW baca atau dapatkan pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Materi MOS / MPLS 2019/2020
Untuk Sobat OW yang kebetulan tahun ini mendapatkan tugas sebagai Nara Sumber pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, SObat OW semua bisa mendapatkan materinya pada link dibawah ini, dan mudah-mudahan bisa digunakan secara maksimal untuk memberikan materi kepada calon siswa-siswi pada tahun pelajaran 2019/2020 mendatang. Langsung saja, berikut materi MOS/MPLS 2019/2020 ;

Anda mencari solusi KONEKSI INTERNET BACA DISINI

1. Wawasan Wiyata Mandala unduh disini
2. Kepramukaan unduh disini
3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara unduh disini
4. Cara Belajar Efektif unduh disini
5. Pendidikan Karakter unduh disini
6. Tata Krama unduh disini
7. Pengenalan Kurikulum unduh disini
8. Pembinaan Mental unduh disini

Demikian informasi yang bisa Admin bagikan kali ini mengenai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya.

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar