Menyimpan Dokumen dan Berbagi di Google Drive - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Friday, 28 June 2019

Menyimpan Dokumen dan Berbagi di Google Drive

 

Menyimpan Dokumen dan Berbagi di Google Drive

Sobat OW| tercinta....

Mengapa Admin memilih tempat penyimpanan maya yang satu ini...? Hampir semua pengguna internet atau yang senang bahkan gemar berselancar di internet atau dunia maya mengetahui kebaikan dari empunya sang empu ini. 

Apapun yang Sobat OW minta kepada Mbah Google tidak ada satupun yang tidak dikabulkan. Hampir semua permintaan Sobat pasti dikabulkannya meskipun terkadang Sobat dalam mengajukan permintaan sering terjadi kekuarangan atau kesalahan dalam mengetik hurufnya, namun karena kebaikannya tadi, Mbah Google akan tetap memberikannya hanya dengan notifikasi "mungkin maksud anda......"

Selain kebaikannya yang super duper tadi masih buanyak sekali kebaikan lain yang tidak bisa Admin sampaikan satu persatu disini. Kita melirik satu kebaikan lain dari yang namanya Google ini.

Di era sekarang ini, hampir bisa dikatakan tidak ada satupun guru atau karyawan atau pegawai yang tidak memiliki gadget atau android bahasa familiarnya. Nach, ketika kita akan menggunakan HP atau gadget kita tadi, sudah barang tentu kita harus memili akun google atau yang lebih dikenal dengan sebutan google mail (gmail). Untuk Sobat yang belum memiliki akun google atau gmail tadi Sobat bisa ikuti tutorial pada artikel disini.

Dengan satu akun google tadi, Sobat OW bisa melakukan banyak hal sesuai dengan kebutuhan Sobat sendiri. Salah satunya yang akan kita coba bersama ini yaitu Menyimpan Dokumen dan Berbagi di Google Drive. Akun Gmail Sobat sudah include fitur google drive nya. Lalu bagaimana proses agar kita bisa menyimpan dokumen kita di GD (Google Drive) tadi, silahkan ikuti panduan berikut ;

Tahapan Penyimpanan Dokumen di Google Drive
1. Silahkan akses drive.google.com, jika posisi Sobat belum login pada browser yang ada di laptop atau komputer Sobat, silahkan login terlebih dahulu.
2. Setelah terbuka jendela baru (tampilan halaman awal google drive) langsung saja klik icon baru disudut kiri atas

3. Pilih Upload File jika Sobat akan melakukan langsung upload file, namun boleh juga dipilih tambah folder sebelum melakukan upload file atau dokumen jika memang dokumen yang akan Sobat upload lebih dari satu file sehingga akan mempermudah pencariannya nanti di Google Drive Sobat semuanya, baru setelah folder terbentuk ganti nama folder sesuai dengan kemauan para Sobat, dan lakukan upload filenya



4. Setelah di pilih upload file, maka kita akan disuguhkan antar muka jendela baru, silahkan cari dan pilih dimana lokasi file yang akan Sobat upload. Setelah ketemu filenya, klik atau pilih kemudian klik tab Open pada bagian bawah kotak dialog tadi.

5. Tunggu proses uploading file atau dokumen kita. Dimana kecepatan konektifitas internet yang kita miliki sangat menentukan lama atau tidaknya proses upload dari dokumen kita ini selain dipengaruhi oleh ukuran atau kapasitas dari dokumen itu sendiri.

6. Setelah proses upload dokumen kita selesai yang ditandai dengan munculnya notifikasi "upload dokumen telah selesai" seperti yang ada pada gambar, berarti dokumen kita itu sudah tersimpan di google drive dan siap kita bagikan. Klik saja teks nama file kita yang telah selesai di upload tadi, maka kita akan langsung dibawa kelokasi file kita berada di drive kita.

7. Setelah dibawa ke tempat dimana dokumen kita berada klik kanan pada nama file dokumen yang akan dibagikan tadi lalu pilih "Dapatkan link yang dapat dibagikan" maka akan muncul notifikasi dibawah file kita tadi, pastikan tombol berbaginya berstatus aktif seperti pada gambar agar dokumen kita tadi bisa diakses oleh orang lain yang memiliki link yang akan kita bagikan nanti.

8. Klik link yang ada dibawah status berbagi tadi yang diawali dengan http://drive.google.com/open? ..... setelah tersorot bisa tekan Ctrl + C pada keyboard sobat untuk menyalin link tadi sebagai alamat dokumen yang akan kita bagikan. 


Sampai disini proses pengunggahan dokumen dan penyalinan link atau alamat dokumen yang akan kita bagikan sudah selesai tinggal langkah berikutnya Sobat bagikan link atau alamat yang disalin tadi melalui media lain yang Sobat pilih, bisa melalui email, Whatsapps, Facebook atau blog dan media yang lainnya.

Demikian artikel tentang Menyimpan Dokumen dan Berbagi di Google Drive yang bisa dmin bagikan. Terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya... Untuk yang masih belum jelas silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibagian bawah setelah artikel ini agar bisa admin bantu (jika bisa tapi... he...he...he...)

Semoga bermanfaat....

1 comment:
Write komentar