Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Monday, 17 June 2019

Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018

 

Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018

Sobat OW | tercinta...

Hingga hari ini proses kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada semua tingkatan sekolah sudah dilakukan. Entah itu secara online (daring) ataupun secara manual. Terutama pada beberapa sekolah unggulan di daerah atau wilayah masing-masing. 

Untuk jenjang Pendidikan Menengah ( SMP dan SMA sederajat) mungkin sudah tidak menimbulkan  permasalahan atau tidak menemui permasalahan lagi, kenapa ? karena jenjang Dikmen hanya tinggal menerima saja hasil dari jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP sederajat). 

Lain halnya untuk jenjang Sekolah Dasar, mereka masih menemukan beberapa masalah terkait dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di sekolah masing-masing. Banyak yang masih mengirim pesan menanyakan berapa usia anak yang bisa diterima di SD ?, Kalau kurang usianya bagaimana..? Apakah yang masuk ke SD harus tamatan dari TK atau PAUD dulu atau tidak ? dan masih banyak lagi pertanyaan lain yang sering sekali menjadi pertanyaan kawan-kawan operator di jenjang Sekolah Dasar.

Baik Sobat OW semuanya... Untuk mengurai permasalahan tersebut, akan Admin bagikan file Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 sebagai landasan dasar dari pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk semua jenjang. Dimana Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 ini ditetapkan sebagai pengganti dari Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang dianggap oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan pendidikan di saat ini.

 Pada Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 ini dimuat aturan yang menjadi dasar pelasksanaan PPDB disemua jenjang. Diantaranya pada pasal 6 dimuat tentang syarat Calon Peserta Didik Baru pada jenjang TK yaitu ; 
  • Berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A;
  • Berusia 5 (lima) tahun sampai 6 (enam) tahun untuk kelompok B;
Dan pada Pasal 7 dimuat aturan untuk penerimaan Peserta Didik Baru untuk jenjang Sekolah Dasar ;
(1). Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia:
      a. 7 (tujuh) tahun; atau
      b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
(2) Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
(3) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
(4) Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.


BACA JUGA TENTANG CARA MENGETAHUI NISN SISWA PAUD

Pada Pasal 8 dimuat aturan tentang persyaraatan Peserta Didik Baru jenjang Sekolah Menengah Pertama, dan Pasal 9 memuat aturan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang SMA/SMK sederajat.

Untuk dapat lebih jelasnya mengenai isi dari Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 ini, sobat semua bisa unduh pada link yang ada dibawah postingan ini, silahkan diunduh dan dibaca sebagai syarat melaksakan PPDB di sekolah Sobat semuanya agar terhindar dari semua kesalahan dan kekurangan yang bisa dihindari dari dini.


Demikian informasi tentang Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 yang bisa Admin bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya. 

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar