Merubah Tema Pada Blog - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Friday, 19 July 2019

Merubah Tema Pada Blog

 

Cara Merubah Tema Pada Blogspot


Sobat OW| tercinta...

Tema Blog merupakan salah satu tampilan yang bisa dilihat dengan kasat mata oleh pengunjung blog kita baik yang telah diatur dalam tampilan layar monitor sebuah komputer maupun tampilan gadget atau juga tampilan mobile nya (handphone).

Setelah pada postingan sebelumnya kita telah belajar bersama menciptakan blog dengan sub domain dari blogspot dan otomatis saat itu Sobat OW sudah menjadi seorang blogger, kini saatnya kita aka nmenghias blog kita dengan sedikit tampilan yang berkesan dan sedap dipandang mata oleh pengunjung blog kita, minimal oleh kita sendiri selaku owner dari blog tadi.



Ok, kita mulai saja persiapannya.... 
Jangan lupa secangkir kopi dan mungkin yang hobi sambil ngemil juga boleh silahkan disiapkan cemilannya, sebab waktu yang dibutuhkan untuk menghias blog ini lebih lama dari saat kita belajar menciptakannya kemarin, dan yang paling penting Sobat OW ingat adalah bahwa hingga tahapan ini kita masih menggunakan .

Langkah Merubah Tema Atau Template Blog

1. Buka halaman blogger.com, lalu klik tab Tema pada jendela sebelah kiri

2. Muncul kotak tampilan baru disebelah kanan, silahkan klik Sesuaikan

3. Muncul tampilan baru lagi, dan perhatikan tema yang disediakan oleh blogspot secara gratis bisa kita pilih sesuai selera, dengan melakukan klik pada salah satu tema yang ada, kit acoba gunakan tema Sederhana dari beberapa pilihan yang ada dengan warna dasar dibagian bawah kita pilih yang gelap (nomor 4 dari sebelah kiri kekanan)

4. Kemudian kita ke langkah berikutnya klik saja latar belakang, dari yang semula berwarna orange (bawaan pertama ketia membuat blog) kita pilih transparant yang ada dibagian bawah, silahkan scrool mousenya ke bagian bawah. Setelah ketemu klik saja tab transparant, lalu perhatikan jendela tampilan sebelah kanan, sulahkan pilih gambar yang sesuai dengan keinginan, dan jika dirasa sudah sesuai silahkan klik Selesai.

5. Selanjutnya kita buat pengaturan pada Tata Letak, kenapa kita sesuaikan Tata Letak terlebih dahulu, karena kalau kita mau mengatur lebar sementara jumlah kolom yang akan kita gunakan belum ditentukan nanti akan berubah kembali, sebaiknya kita tentukan dulu jumlah kolom yang akan kita gunakan. Silahkan tentukan mau berapa kolom model yang kita gunakan, saat ini Admin pilih yang tiga kolom ya, bilah sebelah kiri, halaman postingan dan bilah sebelah kanan, dengan tata letak kaki pada tampilan sebelah kanan atas kita pilih dua kolom seperti tampak pada gambar

6. Kita kembali ke tab pengaturan Sesuaikan Lebar seperti pada gambar. Bilah sebelah kiri (Arsip Blog) dan Sebelah Kanan (Mengenai Saya) silahkan atur lebarnya saat ini Admin menggunakan sebelah kiri 220 px, halaman post 1200px dan bilah kanan 250 px

7. Klik tab lanjutan pada bawah Tata Letak, silahkan sesuaikan satu persatu sesuai keinginan dari mulai Teks Halaman, Latar, Link hingga sampai terakhir yang mana yang mau Sobat ubah sesuaikan.


Jika dirasa sudah OK atau sesuai dengan kehendak hati silahkan klik tombol Terapkan ke Blog, dan klik disebelah kirinya Lihat Blog untuk melihat bagaimana hasil pengaturan yang sudah diubah sesuaikan tadi.


Sampai disini perubahan tema dasar dari blog Sobat OW sudah selesai dikerjakan, tinggal pada langkah berikutnya Sobat OW tambahkan hiasan tambahan untuk mempercantik blog Sobat seperti penambahan gadget, gambar dan lain-lain yang akan kita bahas pada postingan mendatang....


Demikian informasi mengenai Cara Merubah Tema Pada Blog di Blogspot yang bisa Admin bagikan. Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya...

Semoga bermanfaat....

2 comments:
Write komentar