Tahapan Pengerjaan Dapodik PAUD Online Tahun Pelajaran 2019/2020 - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Monday, 15 July 2019

Tahapan Pengerjaan Dapodik PAUD Online Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Tahapan Pengerjaan Dapodik Paud Online Tahun Pelajaran 2019/2020

Sobat OW | tercinta....

Dapodik PAUD Online merupakan salah satu terobosan dari Ditjen PAUD PNF yang amat sangat membantu operator Sekolah khususnya jenjang PAUD dalam proses pengerjaan dan manajemen serta pengelolaan data sekolah yang ada dalam aplikasi DapoPAUD ini.

DapoPAUD untuk yang versi online sudah bisa dikerjakan dari sekarang bagi operator PAUD yang akan mengerjakannya, bagaimana proses atau tahapan pengerjaan Dapo PAUD versi online di tahun pelajaran 2019/2020 ini...? Berikut sedikit gambaran yang akan Admin bagikan khususnya kepada Operator PAUD yang menggunakan Metode Dapodik Online agar bisa membantu dalam mengerjakannya. Untuk yang masih versi OFFLINE bagaimana...? Jika memang Sobat OW siap untuk ONLINE, Sobat bisa bermigrasi dari OFFLINE ke ONLINE sesuai dengan langkah-langkah yang ada di postingan yang lalu.


Baik, kita mulai saja langkah-langkah dalam pengerjaan DapoPAUD Online 
1. Silahkan akses halaman https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Home/Index
2. Login menggunakan akun masing-masing lembaga
3. Setelah berhasil login, maka Sobat akan dibawa ke halaman yang penuh warna warni ada kuning, ada merah dan ada hijau sebagai warna dasar dari template laman ini, karena disana akan langsung ditampilkan tombol validasi data Dapodik lembaga Sobat masing-masing, dimana pada awal akses halaman ini data belum ada yang tervalidasi.

4. Untuk memperbaiki Data Rinci Periodik Sekolah untuk Periode ini belum diisi. yang berwarna merah, silahkan klik di jendela sebelah kiri pada Tab Lembaga, kemudian pilih Data Periodik, lalu lakukan Salin Data Periodik pada tab sebelah kanan atas layar

5. Lakukan hal yang sama untuk memperbaiki Data Sanitasi yang berwarna merah, hanya pada pilihan akhir dari Tab Lembag atadi pilih Data Sanitasi. (Salin Data Periodik)

6. Untuk warning yang paling banyak ditemukan sudah pasti masalah Data Periodik Siswa. Untuk mengatasinya, silahkan klik Tab Peserta Didik disebelah kiri (dibawah tab lembaga tadi), pilih Peserta Didik lagi pada Sub Menu nya diatas sub PD Keluar, lalu klik tab Salin Data Periodik disebelah kanan atas (dibawah user akun lembaga anda) muncul notifikasi, pilih YA.
7. Yang selanjutnya yaitu Rombongan belajar. Pastikan Rombongan Belajar yang akan diluluskan didalamnya pada periode tahun pelajaran kemarin memang anggota rombelnya adalah benar-benar semuanya siap dan layak untuk LULUS, sebab jika tidak akan menimbulkan pekerjaan tambahan bagi operator sekolah. 
Untuk meluluskan klik Tab Pilih Mneu pada sudut kanan atas monitor, pilih Luluskan Peserta Didik, pilih Rombongan belajarnya, lalu klik pengisian tanggal kelulusan, dan klik tombol simpan. Ulangi langkah ini jika terdapat lebih dari satu rombel yang akan diluluskan.

Selanjutnya untuk Rombongan Belajar yang akan melanjutkan semester dari Nol Kecil ke Nol Besar, klik Pilih Menu, lalu pilih Tarik Rombel, pilih Rombongan Belajar yang dimaksud, pilih tingkat pendidikannya sesuai yang dilayani pada lembaga Sobat masing-masing. dan klik tombol SIMPAN. Ulangi langkah ini juga apabila terdapat rombel lebih dari satu rombel yang akan melanjutkan semesternya dari Nol Kecil ke Nol Besar.


Sampai disini, data sudah masuk ke rombel. Berikutnya lakukan update Nama Rombel, misal kemarin NOL KECIL A, rubah Menjadi NOL BESAR A, begitupun untuk Guru Kelas nya, sesuaikan dengan keadaan pada lembaga masing-masing. Kemudian setelah ditentukan Wali Kelasnya, isi pembelajarannya sesuai keadaan.


Jika masih ada warning yang merah atau kuning pada tab validasi, silahkan lakukan perbaikan sesuai informasi yang ditampilkan. Dan jika ada yng masih belum jelas, boleh komunikasi dengan Admin melalui Wa 0815-825-8989 atau melalui online dalam jaringan dengan bantuan aplikasi Ultraviewer atau AeroAdmin.

Demikian informasi mengenai Pengerjaan DapoPAUD Online Tahun Pelajaran 2019/2020 yang bisa Admin bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya....

Semoga bermanfaat.....

No comments:
Write komentar