Cara Entri Pembelajaran Pada Dapodik 2020 - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Thursday, 29 August 2019

Cara Entri Pembelajaran Pada Dapodik 2020

 

Cara Entry Pembelajaran Pada Dapodik 2020


Sobat OW| tercinta...
Pembelajaran mencatat pembagian tugas mengajar guru pada setiap kelas. Pemetaan guru pada menu pembelajaran disesuaikan dengan SK pembagian beban jam mengajar yang telah diatur dan disepakati di sekolah.Berikut adalah penjelasan dari setiap kolom pada menu pembelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen:

• Mata Pelajaran
Kolom Mata pelajaran menampilkan daftar mata pelajaran yang sesuai dengan jenis kurikulum yang dipilih pada tab rombel. Mata pelajaran yang ditampilkan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Kelompok mapel dan daftar mapel ini berasal dari referensi, sehingga penamaannya tidak dapat diubah.

• Nama Mata Pelajaran Lokal
Nama Mata Pelajaran Lokal menampilkan nama mata pelajaran yang secara default sama dengan nama pada kolom Mata Pelajaran. Namun pada kolom ini data masih dapat di-edit, yang dapat disesuaikan dengan nama mapel di sekolah masing-masing.

• Kode Mapel
Menampilkan Kode Referensi Mata Pelajaran (mapel) dan bukan merupakan kode mapel sertifikasi seperti yang tertera di InfoGTK serta kode ini tidak dapat diubah.

• PTK
Pada kolom PTK akan terdapat pilihan Daftar PTK yang akan dipetakan sesuai dengan mapel yang diampu. Daftar PTK yang ditampilkan adalah jenis PTK Guru bukan Tenaga Administrasi Sekolah. Apabila diperlukan pencarian nama PTK, silakan ketikkan minimal 4 karakter dari nama PTK tersebut, maka sistem akan mencarikan nama PTK yang dimaksud selama ada di dalam daftar PTK (Guru).

• SK Mengajar
Pada SK mengajar diisi Nomor SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar setiap semester dari sekolah masing-masing.

• Tanggal SK
Tanggal SK diisi sesuai Tanggal SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar setiap semester dari sekolah masing-masing.

• Jam (Jumlah Jam Mengajar)
Alokasi jumlah jam mengajar secara default akan terisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sekolah tidak dapat mengubah data jumlah jam mengajar.

• Max (Maksimal)
Nilai maksimal untuk alokasi jumlah jam mengajar secara default akan terisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sekolah tidak dapat mengubah data jumlah jam mengajar.

Pada menu pembelajaran, sekolah cukup mengisi pada kolom PTK, No SK mengajar dan tanggal SK. Maka untuk menambah data pembelajaran pertama kali kita pilih guru yang mengajar terlebih dahulu. Setelah memilih data guru yang mengajar selanjutnya lengkapi kolom no SK mengajar dan tanggal SK.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Entry Pembelajaran Pada Dapodik 2020 yang bisa Admin bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan dinantikan kunjungan berikutnya.

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar