Cara Melakukan Pengecekan Validitas Data NIK Peserta Didik Secara Online - Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Thursday, 12 September 2019

Cara Melakukan Pengecekan Validitas Data NIK Peserta Didik Secara Online

 

Cara Melakukan Pengecekan Validitas Data NIK Peserta Didik Secara Online

Sobat OW | tercinta....
Validitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) Peserta didik yang di entry oleh Operator Sekolah pada Aplikasi Dapodikdasmen saat ini bisa dialidasi melalui halaman web yang sudah terintegrasi dengan data di Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) dari data SIAK.

Nomor induk kependudukan yang valid pada tabel tidak berwarna merah, sedangkan nomor induk kependudukan yang tidak valid akan berwarna merah.

Dengan data apakah Nomor Induk Kependudukan dibandingan?. Bagaimana cara mengaksesnya?. Pada artikel saya kali ini akan membahas masalah data pembanding dan cara mengakses data Nomor Induk Kependudukan peserta didik yang terdaftar kedalam aplikasi dapodik versi 2020.

Data pembanding Nomor Induk Kependudukan.

Data yang digunakan adalah data yang berasal dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem informasi yang ditumbuh-kembangkan berdasarkan prosedur-prosedur pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi guna menata sistem administrasi kependudukan di Indonesia.

Bila sekolah selaku satuan pendidikan sebagai muara data peserta didik harus benar-benar menjaga kualitas data yang valid sehingga semua kebijakan akan tepat sasaran.

Bagaimana cara mengakses data Nomor Kependudukan Peserta didik melalui aplikasi SIAK?.

Sekolah diberi hak akses guna mengetahui kevalidan data Nomor Induk Kependudukan peserta didik. Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengakses antara lain sebagai berikut:
  1. Memiliki akun yang terdaftar pada (Pangkalan Data Satuan Pendidikan) PDSP atau tedaftar pada link http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Di mana akun tersebut dapat memiliki akses untuk verifikasi dan validasi (Perserta didik, PTK/GTK, Satuan Pendidikan, Fasial dll).
  2. Memiliki perangkat elektronik untuk digunakan sebagai alat mengakses bisa berupa (Laptop, Komputer, Android, Smartphone, Tablet, IOS dll)
  3. Jaringan internet bisa berupa; Lan, wifi, hotspot, modem, dll.
  4. Orang yang mengoperasikan peralatan elektronik tersebut dalam hal ini adalah pegawai yang diberi kewenangan untuk mengelola data bisa Operator Sekolah. 
Bila Semua ketentuan di atas sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah cara mengaksesnya sebagai berikut:
  1. Nyalakan perangkat elektornik yang anda miliki misalnya saya menggunakan laptop.
  2. Sambungkan dengan jaringan internet sesuai dengan jaringan internet yang anda miliki.
  3. Silahkan anda buka browser anda, (Chrome, Mozila Firefox, Safari, Opera dll)
  4. Silahkan anda akses alamat url ini atau klik DISINI
  5. Silahkan anda login dengan menggunakan akun yang terdaftar pada PDSP/ http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ berupa user dan password.
  6. Bila  user dan password sudah anda masukkan silahkan anda klik Login
  7. Lalu akan muncul tampilan dasboard pengelolan data peserta didik antara lain berupa; beranda, dukcapil, logout, pencarian sekolah, rangkuman, tingkat akhir, peserta didik, dan residu.
  8. Silahkan anda pilih dukcapil dengan cara  klik menu dukcapil.
  9. Selanjutnya akan muncul tabel Integrasi Data Peserta Didik Dapodik & Dukcapil, NPSN Nama Sekolah, Kabupaten/kota , Provinsi.
  10. Selain keterangan pada nomor 9 diatas juga akan muncul

  • Nomor urut.
  • NISN
  • NIK Dapo dan Siak
  • Nama Dapo dan Siak
  • Tempat lahir Dapo dan Siak
  • Tanggal lahir Dapo dan Siak
  • Ibu kandung Dapo dan Siak
  • Jenis Kelamin Dapo dan Siak
Demikian informasi mengenai Cara Melakukan Pengecekan Validitas Data NIK Peserta Didik Secara Online yang bisa Admin bagikan. Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya.

Semoga bermanfaat....

No comments:
Write komentar