Membuat Soal Ulangan Dengan Google Formulir ~ Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Membuat Soal Ulangan Dengan Google Formulir

Cara Membuat Soal Ulangan Dengan Google Formulir Beserta Batasan Waktu


Sobat OW| tercinta....
Soal ulangan merupakan pekerjaan rutinitas sebagai pendidik dalam kurun waktu tertentu, serta selalu terulang secara kontinyu dari tahun ke tahun untuk semua jenjang dan tingkatan pendidikan yang ada di negeri ini.

Banyak yang belum menyadari kemurahan dan kemudahan yang ditawarkan serta diberika cuma-cuma kepada kita dari "mbah" kita yang satu ini. Siapa lagi jika bukan yang sering disebut dengan julukan mbah yang paling baik diantara yang terbaik, yaitu mbah google.

Salah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive adalah adanya fitur pembuatan kuis yang bisa di setting pada penggunaan google formulir. Dengan adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu Guru-Guru di Dunia Pendidikan dalam melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik. 

Penggunaan Google Formulir yang kemudian difungsikan untuk membuat kuis online atau lebih Admin sukai dengan membuat soal online sangatlah mudah, bahkan orang awampun selama mau membaca dan mencoba menu dan fitur-fitur yang ada pada google drive ini Admin yakin, pasti bisa membuatnya.

Fitur memberi batasan waktu ini sebenarnya memanfaatkan salah satu plugin buatan pihak ketiga, dan plugin ini tersedia dan bisa terintegrasi dengan google formulir tentunya aman tidak menimbulkan masalah-masalah keamanan pada akun google Sobat. 

Mungkin nantinya Sobat akan bertanya, "bagaimana cara memberi batasan waktu pengerjaan dengan menampilkan waktu berjalan mundur seperti pada soal online yang dibuat menggunakan aplikasi quiz creator, ispring atau wondershare?" akan Admin jawab terlebih dahulu, bahwa untuk pembuatan soal online dengan memberi batasan waktu pada google formulir ini belum bisa seperti pada pembuatan soal dengan quiz creator, berdoa saja kedepan akan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pada aplikasi quiz creator.

Pembatasan waktu disini lebih dimunculkan bahwa soal yang kita bagikan linknya kepada Peserta Ujian dapat diakses sampai batasan waktu yang kita atur, misal sampai dengan jam 11.00 WIB. Setelah jam 11.00 WIB link soal tersebut sudah tidak bisa diakses lagi kecuali pengaturan waktunya Sobat rubah kembali.

Baik, kita mulai saja proses pembuatan soalnya...

  1. Login ke drive.google.com, kemudian klik tombol Baru - Lainnya - Google Formulir
  2. Tuliskan judul soal, kemudian dipojok kanan atas, klik SETELAN - klik tab menu KUIS - aktifkan fitur Jadikan ini sebagai kuis.
  3. Ketiklah soal pilihan ganda sesuai dengan kebutuhan Sobat semuanya, untuk memasukan kunci jawaban dan jumlah skor tiap soal, Sobat bisa klik KUNCI JAWABAN pada bagian bawah soal dan pilihan ganda jawaban yang Sobat ketik tadi, Pada anak panah nomor 3 boleh diaktifkan fitur wajib diisi atau abaikan saja sebagai pengujian terhadap ketelitian Peserta Ujian dalam mengerjakan soal.
  4. Sobat bisa tuliskan nilai skor tiap soal, kemudian klik pada opsi pilihan ganda yang menjadi kunci jawaban pada soal yang Sobat buat, sampai tahap ini Sobat OW telah selesai membuat soal online dengan google drive untuk satu soal. Soal berikutnya prosedurnya sama persis dengan soal pertama.
  5. Untuk memberikan batasan waktu pengerjaan soal, gunakan script yang telah dibuat pihak ketiga dan tersedia di daftar pengaya-nya google,
  6. Kemudian cari FormLimiter, klik untuk proses instalasi/ pemasangan ke akun google Sobat, pilih akun (email) yang Sobat gunakan ketika muncul notifikasi.
  7. Klik izinkan untuk memasang script ke akun google Sobat OW,
  8. Setelah selesai proses pemasangan, akan muncul jendela disebelah kanan soal yang berisi pengaturan tanggal dan waktu, silahkan Sobat atur tanggal dan waktu ditutupnya soal online yang Sobat OW buat tadi, jangan lupa klik tombol Save and enable.
  9. Hasil akhirnya, jika soal online sudah berjalan sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka otomatis akan tertutup dengan tampilan pesan seperti berikut, Pesan yang muncul bisa Sobat OW sesuaikan dengan pesan Sobat masing-masing :

Demikian Informasi mengenai Cara Membuat Soal Online di Google Formulir Dengan Batasan Waktu yang bisa Admin bagikan. Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan langsung hubungi Admin melalui chat disudut kanan bawah pada blog ini.

Semoga bermanfaat....
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Followers

Pageviews

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.