Cara Install Windows XP ~ Inspirasi Generasi Milenial Mewujudkan Mimpi

Cara Install Windows XP

Cara Melakukan Install Windows XP

Sobat OW | tercinta....

Windows XP merupakan windows sejuta umat di era komputerisasi ini, khususnya di Indonesia Raya ini. Bahkan, hingga saat ini saja masih ada instansi yang setia dan sepertinya cinta mati dengan sistem operasi yang satu ini.

Selain karena kecilnya ukuran sistem resource yang dibutuhkan oelh sistem yang satu ini, Windows XP juga terkenal ringan dan user friendly. Dari jajaran windows yang ada baik versi sebelum muncul Windows XP ini ataupun setelah versi Windows XP ini, Windows XP merupakan salah satu sistem operasi yang paling lama digunakan oleh "brainware" yang ada di Indonesia ini.

Walaupun, dengan sistem operasi Windows XP ini pengguna tidak bisa merasakan kecanggihan fitur Microsoft Office yang dituangkan dalam Paket Microsoft Office 2016 dan versi terbarunya, sebab sistem operasi Windows XP tidak cocok atau kompatible dengan minimum sistem yang direkomendasikan oleh Microsoft Office versi 2016 keatas.

Baik Sobat tercinta.... Langsung saja berikut cara melakukan installasi Windows Xp yang akan kita bahas bersama....

1. Nyalakan Komputer/Laptop, kemudian tekan  tombol DEL atau F2 pada Laptop, terkadang juga F1 atau esc pada merk yang lain. Hal ini dilakukan untuk masuk ke setup menu (bios), untuk memastikan “booting windows” dimulai dari CD atau USB yang telah kita format dengan Installer Windows Xp tahapan ini sangat penting sebagai kunci boot pertama installasi yang akan kita lakukan, jika gagal pada tahap ini proses installasi sudah dipastikan tidak akan berhasil pula.


2. Masuk setup menu (tampilannya berbeda-beda tergantung dari merk), kemudian cari “Boot” untuk setting booting pertama ke CD/USB installer windows XP.



3. Arahkan CD ke yang pertama, ingat tampilan menunya berbeda-beda tergantung merk tapi intinya sama, untuk memposisikan CD ke yang pertama biasanya ada keterangannya di samping kiri atau bawahnya sesuai display yang muncul di layar monitor Sobat semuanya.


4. Setelah diposisikan pada CD atau USB di booting utama, klik atau pilih Exit dan save, kemudian yes, maka komputer/laptop akan segera booting. Jangan lupa masukan CD/USB Windows XP ke komputer/lapotnya sebelum restart.


5. Tekan tombol apa saja pada saat gambar berikut muncul supaya masuk ke proses instalasi windows XP, waktunya diberikan 5 detik, jika tidak ditekan maka proses instalasi tidak akan terjadi.

6. Masuk ke proses instalasi, pada tahapan ini kita tidak perlu melakukan apapun, cukup perhatikan saja. Boleh juga sich kalau mau disambi ngopi atau ngeteh.....


7. Tekan Enter untuk memulai proses instalasi. (terdapat keterangan di bagian bawah display monitor).


8. Tekan F8 untuk menyetujui dan memulai proses installasi.


9. Masuk ke pengaturan partisi atau disebut juga pengaturan Hardisk/hard drive. Partisi ini jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung pengaturan yang punya laptop atau komputer, tetapi bisa diatur-atur lagi. Bisa dengan jumlah 2 Partisi yaitu C: dan D: (C: alias sistem windows dan D: alias data-data/local disk), namanya mungkin bermacam-macam, tapi yakinkan yang akan di install yang C: Arahkan kursor/tanda marking ke C: atau sistem sebelumnya, kemudian tekan Delete atau Del. Ini dilakukan untuk membersihkan partisi, sehingga benar-benar bersih.


10. Arahkan kursor atau tanda ke partisi yang akan diinstal windows XP. Kemudian buat partisi yang baru dengan menekan ENTER atau menekan tombol C (Create Partition/ Buat Partisi). Catatan untuk mengatur partisi yang lainpun langkah-langkahnya sama saja, seperti pengaturan untuk partisi D: atau E: (kita asumsikan hardisk belum pernah terinstall sistem operasi sebelumnya)


11. Ketikan angka yang dinginkan (biasanya 5 digit) atau tekan tombol C atau Tekan ENTER saja pun tidak apa-apa. Mengetikan angka – sebenarnya untuk mengatur luas/besarnya partisi C: tersebut, umumnya disarankan lebih dari 20 Gigabytes (20000), kalo tekan Enter berarti otomatis. lalu tekan ENTER


12. Proses instalasi dimulai secara otomatis, yaitu memasukan data-data sistem ke Hard disk. Dan Sobat tidak perlu melakukan apapun yang berkaitan dengan installasi ini hingga installasi selesai.



13. Melakukan restart, untuk mempercepat action atau proses menuju restart, Sobat boleh tekan tombol ENTER pada keyboard

14. Sampai ke tahapan ini, Sobat tidak perlu melakukan apapun... Cukup dipandangi saja ya.... tapi jangan membayangkan yang lain-lain....

15. OK, setelah muncul notifikasi pengaturan Regional and language, Sobat klik saja tombol Next

16. Isi Nama dan Organisasi sesuai keinginan Sobat, lalu klik tombol Next

18. Masukkan 25 Digit Serial Number yang Sobat miliki pada paket installasi yang Sobat beli, atau Sobat juga bisa menghubungi Admin melalui Telegram atau Whattsapp pada tombol disamping kanan bawah bagian blog ini. Setelah SN dientry, klik tombol Next lagi

18. Ketik nama komputer kembali sesuai selera masing-masing. Untuk Administrator password dan konfirmasi password abaikan saja (kosongkan), klik tombol Next

19. Kemudian Sobat dihadapkan dengan pilihan pengaturan waktu. Sesuaikan saja dengan waktu saat Sobat melakukan installasi ini, klik tombol Next

20. Proses installasi Windosws XP dilanjutkan, biarkan saja jalan dengan sendirinya.

21. Muncul notifikasi pengaturan jaringan pada jaringan LAN Card, klik saja tombol Next

22. Muncul pengaturan nama group kerja, boleh Sobat ganti atau langsung dengan klik tombol Next saja

23. Installasi lanjut kembali, cukup perhatikan saja...

24. Proses restart PC berlangsung, muncul notifikasi pilihan booting, cukup abaikan saja sebab jika Sobat menekan tombol apapun pada keyboard maka proses installasi akan dimulai dari awal lagi.

25. Tunggu hingga muncul notifikasi Display Seting, silahkan Sobat klik tombol OK

26. Akan muncul notifikasi monitor seting, klik tombol OK lagi

27. Muncul notifikasi Selamat Datang Pada Microsoft, klik saja tombol Next

28. Muncul notifikasi pengaturan proteksi keamanan, pilih yang merah (Not right now) kemudian klik tombol Next.

29. Muncul notifikasi Ujicoba Koneksi Internet, langsung saja klik tombol Skiip (lewati)

30. Muncul notifikasi Aktivasi Windows, silahkan pilih No, dan kemudian klik Next

31. Ketikkan nama, cukup pada posisi Your Name saja, lalu klik Next

32. Muncul notifikasi selesai intallasi yang ditandai dengan ucapan terima kasih dari Microsoft Windows XP. Klik saja tombol FINISH.

33. Keluarkan CD Installer nya atau cabut USB drive installernya.

Sampai disini Sobat sudah berhasil dan menyelesaikan Installasi Windows XP pada laptop atau komputer Sobat. Selanjutnya Sobat bisa melakukan installasi driver mainboard/motherboard melalui CD driver yang disertakan pada paket pembelian Mobo Sobat, atau file driver yang sudah tersimpan di Hardisk External atau flashdisk yang Sobat miliki agar pengoperasian Windows XP nya dapat digunakan secara maksimal dan sesuai harapan Sobat semuanya.

Demikian informasi Cara Melakukan Installasi Windows XP yang bisa Admin bagikan. Terima kasih atas kunjungannya, dan dinantikan kunjungan berikutnya.

Semoga bermanfaat...
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Followers

Pageviews

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.